GAME POKER - Fantastis! Harga Tedong atau Kerbau di Tana Toraja Mencapai 1 Milyar

GAME POKER - Fantastis! Harga Tedong atau Kerbau di Tana Toraja Mencapai 1 Milyar - Kerbau (Tedong dalam bahasa Toraja) adalah salah satu jenis binatang ternak yang hampir menyerupai sapi karena postur tubuhnya memang sekilas terlihat sama. Pada umumnya, binatang ternak yang paling mahal dan disukai oleh banyak orang adalah sapi.


GAME POKER



Namun, hal itu tidak berlaku bagi masyarakat Tana Toraja, Sulawesi Selatan.


GAME POKER



Bagi masyarakat sekitar, hewan ternak yang paling dicari dan dihormati adalah kerbau. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan melambungnya hargaKerbau Torajayang bisa mencapai angka 1 Milyar. Suatu angka yang sangat fantastis bukan? Jika satu ekor kerbau bisa dihargai dengan angka sefantastis itu, maka kerbau-kerbau tersebut pastilah sangat langka.

Bagi masyarakat asli Tana Toraja, ada beberapa jenis kerbau yang dapat diklasifikasikan sebagai jenis kerbau langka dan banyak dicari atau dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

1. Tedong Saleko dan Tedong Bonga
     Kerbau Toraja Senilai 1M


GAME POKER

Kerbau yang satu ini adalah adalah yang paling langka dan paling tinggi kelasnya di Tana Toraja. Kerbau Saleko memiliki ciri-ciri fisik khas yang membuatnya berbeda dengan kerbau lainnya. Kerbau ini memiliki tanduk kuning dan lingkaran putih pada bola matanya serta memiliki perpaduan dua warna kulit yaitu hitam dan putih pada bagian tertentu. Jenis kerbau di Tana Toraja yang satu ini memang sangat langka. Jika ada yang berusaha untuk mengawinkan kerbau jantan Saleko dengan kerbau biasa, belum tentu bisa menghasilkan kerbau Salekoasli pula. Bahkan jika kerbau jantan danbetina Saleko dikawinkan pun belum tentu menghasilkan kerbau Saleko kembali walaupunhal itu sudah dilakukan berulang kali. Namun uniknya, kerbau Saleko dapat dilahirkan dari perkawinan kerbau biasa.

2. Tedong Balian

GAME POKER

Jenis kerbau yang satu ini juga termasuk langka dan sangat dihormati di Tana Toraja. Kerbau Balian juga memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda dengan yang lain seperti tanduknya yang sangat lebar.

3. Tedong Sokko

GAME POKER

Kerbau tersebut memiliki keistimewaan untuk adat orang-orang Tana Toraja. Kerbau Sokko memiliki ciri-ciri fisik seperti tanduknya mengarah ke bawah tidak seperti kerbau-kerbau pada umumnya.

4. Tedong Tekken Langi’

GAME POKER

Kerbau Toraja yang satu ini juga banyak berperan dalam tradisi yang sering dilakukan oleh warga Tana Toraja. Kerbau jenis ini memiliki ciri-ciri fisik yang sangat unik karena memiliki satu tanduk ke bawah dan satu tanduk ke atas. Bahkan, terkadang ada pula jenis kerbau Takenlangiyang sakral karena tidak memiliki tanduk sama sekali.
Jenis-jenis kerbau di atas memang langka dan istimewa terutama di Tana Toraja. Kerbau-kerbau tersebut biasanya dikorbankan dalam ritual adat pemakaman atau ritual lainnya. Mengapa harga kerbau di atas bisa sangat mahal? Hal ini dikarenakan oleh semakin langka jenis kerbau yang dikorbankan untuk sebuah ritual adat, maka strata atau kedudukan dari orang yang mengorbankan kerbau tersebut akan semakin tinggi di mata masyarakat setempat.

Kerbau di Tana Toraja yang termasuk ke dalam spesies biasa juga bisa memiliki harga yang mahal apabila memenangkan perlombaan adu kerbau. Jadi, baik kerbau langka maupun kerbau biasa, bagi masyarakat Tana Toraja hewan tersebut tetaplah sangat berharga dan dihormati. Saat ini, anda bisa menemukan jenis kerbau-kerbau langka tersebut di daerah di luar Tana Toraja. Jika ingin memilikinya, anda harus menyiapkan budget yang lumayan besar mengingat popularitasnya yang tidak tertandingi dibandingkan dengan binatang ternak lainnya.
Kalian ada yang berniat membelinya satu ? :D




TOYOTAQQ
GAME POKER




Share this article :
+
0 Komentar untuk "GAME POKER - Fantastis! Harga Tedong atau Kerbau di Tana Toraja Mencapai 1 Milyar"

 
Template By Kunci Dunia